Sosok Inspiratif Indonesia dalam pandangan Maftuha

Di Indonesia, sangat banyak sosok yang bisa dijadikan inspiratif dalam kehidupan kita. Bagi saya, sosok inspiratif yang ada di Indonesia salah satunya adalah alm. Syekh Ali Jaber. Meskipun beliau bukan penduduk asli Indonesia tetapi beliau sudah resmi menjadi warga Indonesia. Ketika beliau wafat pun di makamkan di Indonesia tepatnya di pesantren darul qur’an milk ustaz Yusuf mansyur.

Sosok inspiratif


Pengertian inspiratif

Menurut kamus Bahasa Indonesia, kata inspiratif berasal dari kata inspirasi > menginspirasi yang artinya menimbulkan inspirasi; mengilhami : mudah-mudahan acara historis itu dapat ~ kita untuk tujuan yang lebih mulia dan besar.

Simpelnya, inspirasi itu adalah sesuatu perilaku yang dilakukan oleh orang lain yang dapat mempengaruhi kita untuk ikut bergerak melakukannya atau mencontohkannya.

Daftar Sosok Inspiratif Indonesia

1. Syekh Ali Jaber

Kenapa saya menuliskan Syekh Ali Jaber pada poin pertama, karena saya belajar menerima suatu takdir dan memaafkan dari beliau. Sosok yang begitu santun dan bersahaja dengan ilmunya yang selalu memberikan manfaat bagi umat. Beliau tidak pernah terlihat marah ataupun menuai kebencian kepada siapa pun.

Meskipun beliau pernah mengalami penusukan oleh orang yang tidak dikenal, beliau tetap memaafkannya dan berusaha menerima bahwa kejadian tersebut adalah takdir dari Allah. Sosok yang benar-benar banyak memberikan inspirasi dalam kehidupan.

2. Mario Teguh

Pak mario teguh adalah sosok inspirasi berikutnya. Dengan kata-kata motivasinya mampu menghipnotis ribuan penonton juga menghipnotis diri. Dengan penyampaiannya yang khas dengan nada bicaranya.

3. Najwa Shihab

Sosok wanita yang begitu tangguh dan tidak pernah gentar mengeluarkan segala aspirasi dan blak-blakan dalam berargumentasi. Seolah ikut menyuarakan bahwa jadi perempuan itu tidak lemah. Saya selalu suka melihat Mbak Nana ketika mengeluarkan kata-kata yang mematikan lawan bicaranya apalagi jika lawan bicaranya adalah anggota dewan. Melalui Mbak Nana ini saya banyak belajar untuk menjadi wanita yang berani.

4. Tri Rismaharini

Seorang wanita yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial Indonesia. Sikapnya yang tegas dan cepat tanggap dalam memimpin membuat saya kagum. Awal pertama melihat sosok bu Risma saai itu adanya video yang viral tentang sikap bu Risma yang tegas. Saya salut dengan ketegasan bu Risma dan itu pun menjadi inspirasi bagi saya.

Ketika beliau memberikan pidato saat pelantikan menteri masih teringat jelas dalam ingatan saya ucapannya kala itu, bahwa “para teman-teman menteri tidak perlu kaget jika saya nanti datang lebih pagi dan pulang lebih petang, karena itu sudah menjadi kebiasaan saya” kata-kata hebat dari orang hebat yang ada di Indonesia. 

5. Ayah dan Ibu Saya

Sosok yang terakhir yang sangat menginspirasi saya dalam menjalani kehidupan ini adalah Ayah dan Ibu saya. Sosok ibu yang selalu memberikan pengajaran bagaimana bersikap dan bergaul. Bahkan, jika saya mengadukan apa yang dilakukan oleh teman saya kepada ibu, dia selalu menyuruh saya untuk introspeksi diri. Sedangkan sosok ayah, adalah sosok yang selalu mengajarkan kesabaran apa pun yang sedang di alami.

Baik ayah ataupun ibu. Saya tidak pernah mendengar keluh kesahnya saat mendidik anak-anaknya. Inilah sosok inspiratif sesungguhnya dalam hidup saya.

Sosok inspiratif sejatinya bisa saja datang dari orang yang paling terdekat dengan kehidupan kita. Tidak perlu mencarinya hingga ke luar negeri atau ujung dunia. Karena di dalam negeri pun masih banyak sosok yang menginspirasi meskipun mereka tidak dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan termasuk diri sendiri pun bisa saja menjadi inspirasi bagi yang lain. Oleh karenanya marilah saling memberi manfaat dengan berbagi inspirasi dalam hidup. Selamat menebar manfaat untuk umat.

0 komentar

Terima kasih sudah membaca postingan ini semoga bermanfaat :)