Mengingat Kembali, Why ng’Blog?

Lagi lagi diingatkan terkait why ng'blog? yang sebelumnya sudah pernah saya tuliskan dengan judul strong why menulis di blog. Jadi saya pun kembali mengingatkan kepada diri juga pembaca bahwa blog saya adalah media curahan hati saya. Semua unek-unek yang tidak bisa diutarakan dengan ucapan maka saya menuliskannya di blog.

mengingat kembali ngeblog


Ngbelog Dahulu V.S Ngbelog Sekarang

Jujurly saya yang masih awam dahulu tidak pernah tau bahwa menulis di blog bukanlah tempat rahasia. Karena saya memang berpikir bahwa menulis di blog adalah tempat paling aman menyembunyikan segala keluh kesahku. Hingga akhirnya ada seorang adik tingkat yang memberitahu bahwa menulis di platform yang satu ini bukanlah tempat rahasia yang aman. Karena bisa dibaca oleh siapa pun ketika mengetahui linknya.

Saat itu saya pun menertawakan diri saya sendiri. Kok, gaptek banget yak diri ini. Tetapi rahasia saya tetap aman, karena memang tidak ada viewer yang nyantol di blog saya waktu itu. Meski begitu saya pun segera menghapus postingan yang ada dan segera memperbaharui laman blog yang akan diisi. Yap, saya berpikir saat itu akan membagikan segala sesutu tulisan yang bermanfaat dan mulai membagikan tulisan tersebut kepada teman-teman untuk membacanya.

Saya pun belum konsisten untuk menulis di blog. Pengetahuan saya tentang blog pun hanya sekedar menulis kemudian posting seperti fungsi media sosial lainnya.

Berbeda dengan sekarang. Semenjak mengikuti komunitas menulis yang menggunakan platform blog sebagai tempat menulis, blog yang saya miliki menjadi banyak sekali postingan. Belakangan saya pun mendapatkan manfaat dari blog yang lainnya, seperti yang sudah dipaparkan pada materi pertama yang diberikan pada kelas Blogspedia Coaching for Newbie yakni menghasilkan cuan.

Diingatkan Melalui Materi Pemanasan Why Ng’blog?

So, materi basic blog ini bukan yang pertama saya dapatkan. Karena sebelumnya saya pun sudah mendapatkannya dari sumber yang sama, yakni dari Mbak Marita yang seringkali akrab dipanggil oleh saya Mbak Mar.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih sudah diizinkan mengikuti kelas basic ini karena saya ingin memulai memahami kembali ng'blog dari awal. Mumpung momennya pas juga, selepas Idulfitri. Ibratnya kembali lagi dari nol ya, kembali menjadi gelas kosong, kembali juga mengingat materi-materi yang sebelumnya didapatkan. Karena saya sangat sadar bahwa manusia itu seringkali lupa. Apalagi terhadap ilmu yang lama tidak terpakai atau dipraktikkan. 

Passion, skill and consistency adalah tiga hal yang saling berkaitan terutama dalam dunia perblog-an. Untuk memulai ngeblog, tentu saja dimulai dari sebuah niat yang tulus dan juga lurus. Jika ditanya why ng'blog? Jawabannya adalah mudah, mudah yang bagaimana? mudah membuatnya, mudah menyimpannya dan juga mudah untuk membagikannya.

Selai mudah, perawatan blog sendiri murah tidak perlu mengeluarkan kroscek yang membuat kantong bengkak. Juga tidak perlu menunggu acc dari pihak lain jika ingin mempublish tulisan sendiri sekaligus bisa menjadi branding juga untuk diri sendiri dan saya sudah merasakannya.

Jika sudah memulai ng'blog, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konsistensi. Sebuah hal yang cukup sulit dilakukan sampai sekarang. Meskipun sudah memiliki platform blog cukup lama. Dalam hal ini saya kembali mengucapkan terima kasih karena sudah mengingatkan melalui materi yang dibagikan dikelas. Dalam materi tersebut ada beberapa tips dalam nge'blog.

1. Fokus

Memang dalam ng'blog ini butuh suatu fokus dan perhatian yang sungguh-sungguh. Jika ingin menjadi seorang blogger, maka harus mau meluangkan waktu untuk mengisi blog tersebut. Ketika fokus, maka tulisan yang dibuat pun akan menjadi tulisan yang bagus.

2. Know What You Do, Do What You Know

Jadi dalam menulis di blog ini sangat perlu mengetahui tentang apa yang akan ditulis sehingga menghindari kekurangan atau bahkan kehabisan ide. Karena sejatinya ide betebaran di mana-mana dan untuk mengatasinya jangan lupa siapkan catatan jika ide sudah mulai bermunculan.

3. Jangan jadikan Uang Sebagai Tujuan

Memang tidak dapat dipungkiri, melalui blog bisa mendatangkan uang. Saya pun telah merasakannya beberapa kali. Tetapi jangan sampai menjadikan uang ini adalah tujuan untuk ng’blog. Kembali lagi why ng’blog?

4. Learn Under Fire

Tips selanjutnya yakni jangan patah semangat dalam belajar. Karena sejatinya manusia ini adalah makhluk pembelajar. Jadi terus belajar dan terus semangat. Belajar dari kesalahan, belajar dari saran yang didapat orang lain.

5. Build Personal Branding

Jangan lupa untuk membangun karakter diri melalui tulisan. Karena kelak akan banyak yang melihat. Jadi pastikan tulisan yang  dibagikan adalah tulisan yang mengandung manfaat.

6. Konsisten

Satu kata yang benar-benar harus menjadi cambuk. Jadi untuk mengatasi supaya bisa konsisten adalah coba lakukan dengan cara membuat jadwal postingan tulisan di blog. Itulah saran dari Mbak Marita.
“Bikin blog itu gampang, yang menantang itu konsisten update postingan”. So, mari konsisten (ngomong ke diri sendiri).

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba buat yang mau mulai ng'blog. Oh ya, untuk mempertahankan konsistensi, hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan bergabung bersama komunitas blogger atau bergabung dengan kelas kepenulisan seperti yang sedang saya lakukan saat ini.

Jadi, why ng'blog? Jawabannya sudah ada pada paparan di atas. Selain itu, dengan ng'blog setidaknya skill yang dimiliki pun bertambah. Selamat belajar dan semangat untuk mencoba. 

34 komentar

  1. Bisa kok mbak kalau mau dijadikan tempat rahasia. Disetting private blognya, wkwkkw. Jadi yang bisa buka cuma kita aja..

    Semangat ngeblog ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi udah terlanjur dipublik saja mbak. Ndak jadi tempat rahasia lagi.
      Siap mbak.. semangattt

      Delete
  2. Yang paling susah memang konsisten menulis. Terima kasih tips-nya. Tampaknya saya memang harus bergabung dalam komunitas menulis blog 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak.. sama-sama 🙂 yuk gabung yuk

      Delete
  3. Kalo saya ngeblog untuk belajar dan berbagi. Dan ternyata bikin tambah banyak teman juga sambil belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap sekali. Memang dari awal niatnya belajar jadi asik aja ngeblognya yak :)

      Delete
  4. Jangan jadikan uang sebagai tujuan ngeblog. Haaa.. aku kena nih. Dulu ngeblog buat curhat, sekarang tujuannya malah nyari duit hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo hayo kembali ke rel awal hihi

      Delete
    2. Bismillah, semoga bisa. Biar ngeblog tetep seru dan tidak ada drama job CP atau review, hahaha.

      Delete
  5. Iya mba beda banget ngeblog dulu dan sekarang, kalau saya dulu suka2 gue aja nulisnya gak pake aturan, bahasa acak2an dan isinya blonya gak jelas. kalau sekarang alhamdulillah karena diseriusin jadi blognya lebih bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... mantap ya mbakkk
      Berkah selalu

      Delete
  6. Betul jangan jadikan uang sebagai tujuan ngeblog, biar ketika tidak ada pemasukan tetap senang ngisi blog :))

    ReplyDelete
  7. Pas banget baca tulisan ini saya lahi ngedrop ngeblog. Malas gitu bawaannya selama sebulan ini. Baca ini langsung mau ngeblog lagi. Thanks artikelnya 😘

    ReplyDelete
  8. Kuncinya adalah konsisten
    Meski kadang berasa jenuh bahkan kerap Hiatus berapa waktu, tapi tetap harus kembali lagi dengan semangat ya ka

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya di blog bisa kok kita seting sehingga hanya orang tertentu yang bisa baca, atau ga ada yg bisa baca kecuali kita yg punya blog. Saya pun begitu. Curhatan atau tulisan rahasia tetap saya publish di blog hanya diseting hide, sehingga ga ada yg bisa lihat

    ReplyDelete
  10. konsisten, ini yang sempat aku rasakan
    dulu waktu awal ngeblog ya sepengennya nulis, malah sempet hiatus hampir 2 tahun, nyesel juga kenapa ga nulis selama itu, padahal aktif blogwalking.. sampe domain hangus dan untungnya bisa balik lagi.
    sekarang makin banyak blogger juga dan munculnya beragam komunitas jadi semangat lagi

    ReplyDelete
  11. Thanks buat remindernya mbak. Aku anaknya juga angot-angotan nih, mood suka drop gak jelas gitu. Tapi baca ini jadi semangat lagi.

    ReplyDelete
  12. Mencerahkan sekali mbak ulasannya. Setuju mbak, saya ngeblog karena passion yang seneng nulis semenjak kecil. Dan awalnya karena buat happy, bukan sekedar ngejar uang.

    ReplyDelete
  13. Uang memang bukan tujuan utama, tapi ada pepatah blog yang baik yang menghasilkan uang hehe. Saya sendiri memang awal ngeblog boro-boro kepikiran bisa dapat duit yang penting menulis. Tapi setelah bisa dapat duit dari blog, menurut saya blogger justru harus pandai mengelola pemasukannya karena kan setiap tahun ada biaya rutin yang harus dikeluarkan.

    Tapi tetap tidak mengabaikan kualitas dan kebermanfaatan konten.

    ReplyDelete
  14. Yang selalu aku tanamkan ke diri aku sendiri adalah aku ngeblog untuk berbagi informasi yang kuharapkan bisa berguna untuk orang lain. Dan ya, poin paling challenging itu adalah konsisten. Makanya butuh support system hehehe

    ReplyDelete
  15. Ngeblog itu asyik ya Kak.
    Aku juga suka ngeblog bisa sharing dan mengemukakan opini kita

    ReplyDelete
  16. Konsisten adalah hal yang berat ^_^', ada saat-saat dimana saya merasa kering, tidak punya ide mau nulis tentang apa?

    ReplyDelete
  17. Setuju kk buat ngelatih konsistensi kita ngeblog perlu bnget ikut komunitas2 blog gitu, lebih semangat ya.

    ReplyDelete
  18. Why ku buat ngeluarin unek2, ide dan ilmu ku. Sayang ga dibagikan ke orang lain biar bermanfaat gitu

    ReplyDelete
  19. sekarang target buat ngeblog adalah terus konsisten dan pentingnya personal branding ya mbak

    ReplyDelete
  20. aku tuh pertama kali bikin blogspot buat upload tugas2 kuliah biar terpajang gitu ahahha, abis itu bikin blog buat nulis cerita-cerita traveling deh baru mulai monetisasi blog :)

    ReplyDelete
  21. Bener kak. Kalau mau cepat dapat uang banyak, cepat terkenal bukan dari blog .ngeblog jgn sekedar ikut-ikutan tapi harus tahu alasannya. Kalau aku sebutnya STRONG WHY

    ReplyDelete
  22. awal saya ngeblog banyak temen yang nanya soal iten traveling, lama-lama kenapa ga saya tulis aja saya pikir, ywdah saya tulis, suka aja pengalaman traveling saya ditulis dan dibaca orang dan pastinya bermanfaat buat orang lain. perlahan kesukaan itu menghasilkan uang pelan-pelan

    ReplyDelete
  23. Sama banget kaka, dulu nggak peduli viewers. Rasanya aman aman aja cirhat. Tapi ternyata enggak juga wkwk. Jd meski bikin curhatan ttp ada lesson learned yg bisa diambil ya ;)

    ReplyDelete
  24. Duh mbaaa kita terakhir nya sependapat sama saya hehehe
    Saya suka, saya suka

    ReplyDelete
  25. Kalau dijadikan tempat rahasia berarti cukup sebagai diary only ya,Mb. Zaman dulu penting bisa upload sudah. Ga peduli dengan visitor atau viewer.

    ReplyDelete
  26. Bener banget pertama ngeblog curhat seasalnya wkwkwk kalo diinget malu2in hahahah

    ReplyDelete
  27. Dulu awal ngeblog juga sempat untuk diary pribadi nih aku.. Sekarang udah mulai di bersihkan juga.. Hihii,, jadi inget kenangan lama.. Hihiii

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan ini semoga bermanfaat :)