Blog Favorit di Tahun 2020 Versi Maftuha

Berbicara tentang blog favorit berarti berbicara tentang blog yang disukai. Tetapi bagi saya bukan itu, melainkan blog yang sering saya kunjungi. Awalnya, saya tidak begitu paham tentang blog dengan seluk beluknya. Karena memang blog saya adalah blog curhat.

Favorit blog


Namun, seiring berjalannya waktu dan berkecimpung dalam dunia tulis menulis setelah satu tahun lamanya. Saya pun mulai tahu sedikit demi sedikit tentang dunia per-blog-an. Meskipun saya masih meraba-raba dan merangkak untuk memahami juga mempraktikkannya.

Di tahun 2020 adalah tahun saya mulai megotak-atik dunia blog. Tentunya bukan tanpa sebab saya melakukan itu semua. Alasan yang paling kuat adalah karena menjadi salah satu anggota di kelas grup WA tentang dunia blog.

Daftar Blog yang Sering Dikunjungi

1. Jeyjingga Milik Jihan Mawaddah

Blog dengan tema lifestyle ini adalah blog yang sering saya kunjungi untuk melihat gaya review buku mbak Jihan. Juga membaca tips-tips yang ada di sana. Sebuah blog yang sarat akan ilmu menurut saya. Tidak hanya itu, saya juga pernah mengirimkan tulisan saya untuk terpampang di blog yang keren ini. Sangat beruntung bukan?



2. Blogspedia Milik Marita Ningtyas

Sering berkunjung ke blog ini juga bukan tanpa sebab. Blog ini sangat membantu saya untuk belajar membenahi blog dengan gaya penyampaiannya yang cukup mudah dipahami. Di blogspedia mbak Marita menuliskan banyak tutorial tentang blogging. Di mulai dari mengenali dasar-dasar blog hingga SEO dan teman-temannya. Oh ya, mbak Marita juga membuka jasa kepenulisan di blog ini.



3. Blog yang dicari sesuai kebutuhan

Selain dua blog yang saya sebutkan. Saya mengunjungi blog yang lain secara random. Blog dengan konten menarik dan membuat saya penasaran akan saya kunjungi dan biasanya saya mencari blog penyedia musik atau film yang bisa di download dengan mudah.



Menjadi seorang blogger itu tidak mudah. Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang blogger, maka hal pertama yang dimiliki selain niat adalah adanya strong why. Kenapa? 
Setidaknya dengan adanya strong why akan lebih mengikat diri supaya tidak berhenti di tengah jalan. Sebelum menjadi seorang blogger yang professional, tentunya harus diawali dengan menjadi seorang blogger pemula terlebih dahulu. Jadi, jangan lelah untuk belajar.

Tahapan Menjadi Seorang Blogger Profesional

  1. Tentukan tujuan. Inilah yang saya maksudkan sebagai strong why. Kenapa sih, mau jadi blogger? Kenapa memilih menjadi blogger, dan kenapa kenapa yang lainnya.
  2. Tentukan tema. Apa yang ingin dibahas dalam blog yang dimiliki. Menurut para pakar blog, pemilihan tema ini sangat penting demi keberlangsungan ngeblog.
  3. Membuat blog. Setelah sudah mantap memutuskan menjadi blogger berarti harus memiliki blog dong, maka dari itu harus membuat blog. Dalam membuat blog, kamu bisa memilih platform sesuai dengan kenyamanan. Apakah akan menggunakan blogspot atau wordpres.
  4. Terakhir adalah langkah yang paling menentukan karena hal ini pula yang menjadi hal paling menentukan karir dalam dunia blog. Jika kamu sudah melakukan tahapan di poin 1 sampai 3 maka tahapan selanjutnya adalah kamu harus meningkatkan skill menulis dan juga jangan pernah bosan untuk terus belajar. 
Memanage waktu juga sangat perlu kamu lakukan. Selain itu, lakukanlah komunikasi dengan baik untuk membangun jaringan yang luas. Tetaplah produktif dan kreatif dalam memberdayakan blog.

Jangan lupa untuk konsisten. Jangan sampai kamu hanya bermimpi menjadi seorang blogger padahal faktanya kamu masih moody  ketika ngeblog.

Itulah sekiranya yang bisa saya bagikan tentang blog favorit di tahun 2020 versi Maftuha pada tulisan ini. Semoga bermanfaat ya…
Salam semangat!








0 komentar

Terima kasih sudah membaca postingan ini semoga bermanfaat :)