Internet Masa Kini Bersama UBIQU



Internet bukan segalanya, tapi untuk saat ini semua butuh internet. Era milenial rasanya sangat sulit untuk melepaskan diri dari internet. Di dunia yang serba cepat dan serba canggih. Jika kita tidak mau tertinggal maka kita juga harus update perkembangan zaman.
Penggunaan internet saat ini sangat dibutuhkan disetiap kalangan. Tua, muda, anak-anak, lak-laki maupun perempuan. Setia kalangan dan setiap gender butuh akan adanya koneksi internet.
Pasalnya, anak muda zaman sekarang sangat aktif di dunia maya. Sehingga bermunculan profesi baru seperti youtuber dan selebgram. Semua orang bisa menjadi youtuber atau selebgram bak Ria Ricis atau Atta Halilintar. Syaratnya mudah. Cukup ada kemauan, karya atau konten dan yang pasti jaringan internet yang stabil.
Internet seolah-olah menjadi kebutuhan primer bagi manusia milenial. Media sosial seperti Whatshap, Line, Facebook, Path, WeChat dan yang lainnya sangat membutuhkan internet. Dengan internet semua pekerjaan bisa sangat mudah dikerjakan.
Jika dahulu mengirim surat harus melalui jasa POS atau semacamnya dan beberapa hari kemudian baru bisa kita terima, kini dunia benar-benar ada digenggaman kita. Saat ini, jika kita ingin mengirim surat cukup dengan menekan tombol klik atau enter dan selesai. Mudah-cepat-tepat.
Dalam perkembangan internet banyak sekali provider-provider yang berkembang. Semua bergerak dan menuju bagiamana caranya agar internet bisa terjangkau hingga daerah paling plosok atau terpencil.
Di Cirebon, tempatku saat ini tinggal dan menetap masih sangat minim internet bisa masuk ke dalam desa. Internet yang kami gunakan masih berasal dari smartphone yang kami miliki dengan menggunakan kartu GSM atau CDMA di dalamnya. Untuk pemasangan wifi atau perluas jaringan masih sangat kurang,
Pengalaman yang baru saja aku alami beberapa bulan kebelakang, tepatnya di bulan Agustus. Aku memutuskan ingin mengembangkan usaha di desaku, dengan harapan jangka panjang bisa membantu perekonomian warga sekitar dengan internet.
Singkat kisah, aku mencoba browsing di laman google terkait provider yang bisa melayani jasa pemasangan wifi. Aku mendapatkan beberapa informasi terkait itu. Keesokan harinya aku segera pergi ke kota ditemani oleh salah seorang temanku mendatangi kantor-kantor provider yang bisa pasang wifi. Di kantor yang pertama ternyata waw, biayanya sungguh sangat mencengangkan. Aku harus beli alat sendiri, biaya pasang dan biaya perbulannya sudah tujuh digit. Pindah ke kantor yang lain, biaya perbulan murah tapi ternyata untuk daerahku gardunya atau apalah itu namanya sudah terpasang dan penuh jika mau harus tunggu beberapa bulan dengan syarat ada juga yang ingin menggunakan internet menggunakan wifi. Pindah lagi ke kantor yang lain ternyata daerahku belum masuk ke dalam wilayah jangkauannya. Huft. Tarik nafas panjang dan ya sudahlah nanti lagi, harap bersabar berarti.
Beberapa bulan kemudian, ada seorang kawanku share tentang informasi internet. Ubiqu internet dari langit begitu slogannya. Dengan icon smilenya membuatku sangat tertarik untuk kepo segala hal tentangnya.
Ternyata, ubiqu sedang mengadakan event lomba blog. Dan aku tertarik membagikan informasi ini dengan mengikuti lomba tersebut.
Di ambil dari laman yang tertera di ubiqu, kenapa disebut internet dari langit? karena menggunakan teknologi satelit (yang ada di langit, berada >35 ribu km di atas bumi) untuk memberikan layanan internet broadband di hadapan Anda di mana saja di seluruh Indonesia. Disana juga dijelaskan tentang cara kerja ubiqu. Ada 3 tahapan yaitu
Tahap 1
Permintaan halaman web dari Anda dikirimkan melalui satelit di ketinggian 35.400 km dari bumi.
Tahap 2
Satelit akan berkomunikasi dengan ubiqu Network Operations Center (NOC) dan akan mengarahkan ke website yang di inginkan.
Tahap 3
Website yang dituju akan mengirimkan kembali informasi melalui tahapan yang sama, ke NOC, kemudian melalui satelit dan hadir di hadapan Anda.
Layanan ubiqu dapat digunakan siapa saja  yang membutuhkan koneksi internet, baik itu di rumah, sekolah, pedesaan (kantor desa), usaha kecil menengah (UKM), perusahaan, klinik, PUSKESMAS, rumah sakit dan lain sebagainya.
ubiqu juga dapat digunakan untuk berbagai macam jenis bisnis usaha multi sektor seperti jaringan ritel, perhotelan, perbankan, industri, perkebunan, distribusi atau perusahaan dengan banyak cabang.
Dengan coverage yang luas ubiqu memberikan tingkat layanan dengan kualitas broadband yang sama di mana saja Anda berada.
Gimana? Tertarik? Kalau aku sih yes. Untuk info lebih lanjut kalian bisa langsung akses ke laman ubiqu berikut :https://ubiqu.id/internet-dari-langit/
Di sana terdapat informasi lebih lengkap dari yang aku share di atas. Selamat ber-kepo ria dan selamat mencoba.
Semua bisa internetan menggunakan internet dari langit. Mari kita buktikan J
Kaliwadas, Cirebon 12-12-2019
Salam milenial dari Maftuha


12 komentar

  1. Baru tahu ada yg namanya Ubiqu..terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Bagus seksli kakakku, ilasan yang keren
    #semangat

    ReplyDelete
  3. wah baru tahu nih, nice info thanks kak :)

    ReplyDelete
  4. Ssngat menarik ulasan yang kmu tulis.. Smoga Internet bsa dgunakan untuk hal2 yng positif bagi semua kalangan termasuk generasi baru

    ReplyDelete
  5. Lumayan infonya, jadi tau kalo ada yg namanya ubiqu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan ini semoga bermanfaat :)