Quote Menjadi Salah Satu Motivasi Hidup, Mungkinkah?

Menjalani kehidupan pasti akan mengalami dinamika. Sebuah hukum alam yang sudah mutlak. Roda kehidupan akan terus beputar, begitulah adanya. Tidak selamanya posisi selalu di atas pun sebaliknya. Namun, seringkali ketika berada di posisi bawah (terendah) manusia membutuhkan topangan lebih untuk bangkit. Terkadang quote menjadi salah satu motivasi hidup, mungkinkah?



Pengertian Quote

Kata Quote dalam kamus Bahasa Inggris memiliki arti kutipan, tanda kutip. In quotes dalam tanda kutip. Mengutip, memetik (from a book) memberikan, mengulangi, mengutip.

Jadi menurut saya pribadi quote adalah sebuah kutipan yang diambil dari sebuah buku atau perkataan yang dilontarkan orang-orang bijak. Lalu apa hubungannya dengan sebuah quote yang menjadi salah satu motivasi hidup. Apakah mungkin?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah mungkin saja. Jika dilihat dari pengertiannya yang dikaitkan dengan orang bijak, maka orang-orang tersebut pastilah memiliki power dan pasti terkenal. Di Indonesia sendiri, siapa yang tidak mengenal pak Mario Teguh, sang motivator ulung yang dengan ucapannya mampu menghipnotis para penonton serta pendengarnya. Sesuatu yang diucapkan Pak Mario akan membuat mereka ikut manggut-manggut membenarkan terhadap apa yang dikatakan olehnya.

Survei : Quote Menjadi Salah Satu Motivasi Hidup

Jika berbicara tentang penelitian atau survei terhadap quote menjadi salah satu motivasi hidup, sampai saat ini saya belum pernah melihat dan menemukannya. Mungkin ini bisa dijadikan referensi untuk bahan skirpsi para mahasiswa yang mengambil jurusan yang berkaitan dengan quotes.

Meski demikian, secara pengalaman yang saya rasakan. Quote memang bisa sedikit membantu untuk menambah motivasi dalam hidup. Meski efeknya tidak dirasakan saat itu juga. Tetapi, akan terasa ketika mengalami kejadian yang sama persis dengan quote yang pernah di baca atu di dengar. Misalnya saja Anda sering menyalahkan keadaan kemudian membaca quote ini:

“Tindakan menyalahkan hanya akan membuang waktu. Sebesar apa pun kesalahan yang Anda timpakan ke orang lain, dan sebesar apa pun menyalajkannya. Hal tersebut tidak akan mengubah Anda”. Wayne Dyer

Bisa jadi setelah membaca quote tesebut, Anda akan berhenti untuk menyalahkan keadaan atau melimpahkan kesalahan kepada orang lain. Kemudian Anda mulai merubah sikap Anda dan menjadikan diri Anda selalu berpikir postif. Hal demikian pernah saya rasakan.

Quote Favorit

Berbicara tentang quote favorit, saya sendiri menyukai semua quote yang pernah saya baca apalagi jika quote yang saya baca tersebut pas dengan kondisi yang saya alami. Semua quote yang menjadi motivasi dalam hidup saya adalah favorit bagi saya. Terkadang, saya pun ikut mengeluarkan kata-kata, yang menurut orang lain itu bagus.

Saya juga terkadang menuliskan quote itu sebagai bahan menulis di blog. Karena bagi saya, berbagi kisah yang pernah dialami akan lebih terasa efeknya kepada yang lain. Di tulisan kali ini izinkan saya membagi beberapa quote yang pernah saya buat.


Quote

 

“Orang yang kuat adalah mereka yang terus bangkit setelah menemukan kegagalan” 
“Aku adalah pemain, sutradaraku adalah yang terbaik, yakni Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan semesta alam, dan tiada Tuhan selain Dia”

Kutipan tersebut saya sudah menuliskannya di blog saya, blog khusus yang dibuat untuk menuliskan segala hal tentang motivasi. Blognya saya beri judul Inspirasi (hidup harus ada yang menyemangati, minimal diri sendiri).

Jadi, jika Anda masih bertanya mungkinkah quote menjadi salah satu motivasi hidup, jawabannya sudah saya katakan di dalam tulisan ini. Semoga goresan yang masih dalam belajar ini memberikan manfaat bagi yang membaca.

10 komentar

  1. Quote (Kutipan) memang hanya berasal dari orang-orang besar. Namun saat ini Quote sudah ditulis oleh semua orang. Tujuannya untuk memotivasi diri karena mungkin kata yang dia pilih di dapatkan ketika mengalami momen hidup yang begitu berharga.

    Quote kak Fie yang di akhir artikel ini sungguh bermakna dan menjadikan diri sadar, "Aku adalah pemain, sutradaraku adalah yang terbaik, yakni Tuhan yang Maha Esa, Tuhan semesta Alam, dan Tiada Tuhan selain Dia."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak, benar sekali. Saat ini siapa pun bisa membuat quote untuk menyemangati diri.

      Delete
  2. Tulisan yang menarik kak, sederhana namun penuh dengan makna. Banyak kutipan orang-orang besar juga disini.

    Setuju kak, quotes bisa menjadi penyemangat hidup.

    ReplyDelete
  3. Quote itu ibarat lagu, saat kita senang kita ikuti iramanya saat kita sedih kita nyanyikan liriknya. Quote itu juga demikian, kala kita butuh motivasi quote sebagai penguat bagi kita, kalah kita bersemangat quote jadi pengingat bagi diri kita. Menurut saya itu. Saya juga suka baca baca quote sebagai sumber inspirasi. Nice article 👍

    ReplyDelete
  4. Waktu kecil dan memg-homeschooling-kan diri, saya senang mengumpulkan quote atau kamut dari mana saja. Paling sering dari majalah Intisari Karena banyak kutipan bagus yang menyemangatinya sekaligus menginspirasi.

    Dari kamut juga bisa belajar bahasa sekaligus kedalaman makna.

    Intisari sering mengutip kalimat bijak dari orang terkenal dunia.

    Kamut di atas juga bagus. Ada benarnya bahwa kita adalah pemain dari Allah sebagai sutradara.

    Quote bisa memotivasi kita agar menjalani hidup lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Saya juga sependapat mba, kata-kata quote yang menyentuh hati jadi penyemangat hidup kita, yang berarti kita tak sendiri merasakannya

    ReplyDelete
  6. Quote bisa jadi membelajarkan atau menampar ya karena menulis pesannya langsung pada maksud dan tepat dalam memilih diksi.

    ReplyDelete
  7. Saya juga suka mengumpulkan kutipan-kutipan baik dari puisi, novel, film dan drakor. Ada beberapa keadaan yang terasa pas dengan keadaan sebagai penyemangat. Kadang kutipan itu saya hadiahkan ke teman yang membutuhkan untuk menyemangati.

    ReplyDelete
  8. AKu juga suka baca quote dek, semacam cambuk untuk jadi lebih baik ya. Kalau lagi down langsung baca motivasi deh

    ReplyDelete
  9. betul banget mbak, kadang quote meski singkat tp suka ngena banget yaaa :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan ini semoga bermanfaat :)